5 Tips Merawat Mesin Diesel

Mobil dengan mesin diesel punya peminatnya tersendiri di masyarakat. Kerap pula diasosiasikan mesin yang tangguh, tapi tetap membutuhkan perawatan agar selalu prima performanya.  Mesin diesel memang punya efisiensi termal terbaik bila dibandingkan dengan mesin pembakaran dalam maupun luar lainnya.

Diesel, hal itu bisa terwujud karena rasio kompresi pada mesin diesel sangat tinggi. 

Untuk menjaga performa mesin diesel, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Dilansir dari laman mitsubishi-motors.co.id, berikut tips merawat mesin diesel agar tahan lama:

1. Gunakan oli yang tepat

Banyak berbagai jenis oli yang beredar di pasaran sehingga perlu untuk menggunakan oli yang tepat untuk mesin diesel. Mitsubishi pada lamannya menyarankan untuk menggunakan oli mesin dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan. Lebih lagi, penting untuk melakukan penggantian oli mesin sesuai jadwal perawatan berkala.

Secara umum oli berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin, membersihkan, dan melindungi komponen penyusun mesin lainnya. 

2. Gunakan solar berkualitas

Memilih solar dengan kadar Cetane Number (CN) tinggi merupakan salah satu cara merawat mesin diesel. Karena solar dengan CN tinggi memiliki kandungan sulfur yang lebih rendah. Sementara kandungan sulfur yang tinggi dapat merusak komponen injektor. Akibatnya, pada pembakaran menjadi tidak sempurna. Sedangkan manfaat kandungan solar dengan tingkat sulfur yang rendah akan membuat emisi gas buang, saluran bahan bakar, filter solar, dan ruang bakar akan lebih bersih.

3. Ganti filter bahan bakar secara tepat

Filter ini digunakan untuk menyaring kandungan solar yang terkadang masih terdapat kandungan air atau kotoran. Karena jika kandungan air atau kotoran masuk ke sistem pembakaran, proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan besar kemungkinan mobil bisa mogok. Jadi, menggantikan filter bahan bakar memang harus diganti sesuai jadwal perawatan berkala untuk menghindari kemungkinan adanya kandungan air atau kotoran pada diesel.

4. Ganti filter udara

Proses pembakaran pada mesin yang sempurna dipengaruhi faktor udara bersih. Namun, masih terdapat debu atau kotoran yang ukurannya sangat kecil terbawa angin dan masuk melalui pori-pori filter udara. Ini akan mempengaruhi proses pembakaran menjadi tidak sempurna. Sehingga penting untuk mengganti filter udara. 

5. Panaskan mesin 

Langkah ini menjadi cara paling mendasar dalam merawat mobil dengan mesin diesel. Saat mobil hendak digunakan, panaskan terlebih dahulu setidaknya sekitar 5-10 menit. Hal ini dilakukan agar oli bersirkulasi dan melumasi komponen di dalam mesin.

Itulah beberapa cara untuk merawat mobil dengan mesin diesel agar awet. Perlu diperhatikan juga untuk melakukan perawatan berkala di bengkel, apalagi mobil tersebut punya jarak tempuh yang jauh.