4 Tanda Masalah pada Rem Mobil

Dari semua bagian sistem keselamatan pada mobil, rem bisa jadi merupakan komponen yang paling penting.

Rem juga relatif mudah dirawat. Anda tidak memerlukan pengetahuan teknis yang tinggi untuk menentukan apakah rem masih baik atau mengalami masalah.

Namun tetap, jika kerusakan atau masalah yang terjadi cukup rumit, sebaiknya Anda membawanya ke bengkel untuk ditangani oleh mekanik yang kompeten.

Komponen rem umumnya memiliki daya tahan lama. Namun tetap saja, seiring dengan waktu, performa rem tentu akan semakin menurun.

Berikut adalah 4 tanda rem yang mengalami masalah:

1. Indikasi paling jelas adalah keluarnya bunyi mendecit setiap kali Anda menginjak rem. Hal ini disebabkan oleh logam antar komponen rem saling bergesekan karena sepatu (kanvas) rem yang sudah aus.

2. Roda kemudi yang bergetar bisa menjadi tanda terjadinya masalah pada rotor rem. Rotor bisa saja mengalami masalah dan terabaikan begitu saja. Tergantung masalahnya, tapi mengganti rotor lebih umum daripada memperbaikinya.

3. Jarak pengereman yang meningkat. Ini terjadi ketika mobil tidak langsung berhenti ketika pedal diinjak. Kondisi ini jelas amat berbahaya. Jika Anda tidak dapat menemukan penyebabnya, membawa mobil ke bengkel bisa menjadi pilihan bijak.

4. Roda yang berasap juga dapat menjadi indikator masalah pada rem. Jangan tunda untuk mengetahui penyebab pastinya.

Rem menjadi bagian penting untuk melindungi keselamatan Anda. Memastikan rem selalu dalam kondisi prima akan sepadan dengan manfaatnya. Mobil modern umunya memiliki sistem pengereman yang kompleks sehingga memerlukan orang yang berkualifikasi untuk memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *